Permainan Pramuka

17/10/2010 16:16
PEKANBARU,Salah Seorang Pelatih di Kwarda Riau kak Anshari Kadir mengatakan, Permainan bagi Pramuka sangat menyenangkan, kalau dimainkan dengan penuh gembira dan makna yang terkandung di dalamnya.Proses perencanaan yang matang sangat menentukan menarik atau tidaknya suatu permainan.
Kelamahan kita selama ini, setiap latihan permainannya tidak pernah berganti, hanya permainan itu-itu saja. Maka dengan inovasi dan kreatifitas seorang Pembina, permainan itu akan terus bertukar dan menyenangkan bagi peserta didik.

  Menurut kak Anshari tamatan Kursus Pelatih Pembina Tingkat Lanjutan (KPL),Sebelum permainan dimulai sebaiknya dilakukan dengan penuh perhitungan serta apa yang akan didapat dari permainan itu, misalnya yang berkaitan dengan isi Tri Satya dan dasa Darma Pramuka.

Setelah itu, kata kak Anshari, dalam melaksanakan permainan wajib melalui proses setidaknya ada tiga langkah yang dilalui, antara lain, Briefing yakni pengantar dan sasaran serta pernjelasan aturan permainan. Kemudian baru masuk ke proses kegiatan permainan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Dan terakhir harus dilakukan Debriefing meliputi perasan serta saran peserta permainan, dilanjutkan dengan evaluasi dan kesimpulan.

" Dengan demikian, permainan yang punya makna dan menarik peserta permainan akan bisa dinikmati sebagai bahan pendidikan", kata kak Anshari Kadir yang juga sebagai Sekretaris Kwarda Riau

Ditambahkan kak Anshari yang sehari hari bekerja di Kantor Gubernur Riau itu, selama proses permainan, pembina diharapkan mampu menjadi fasilitator, motivator dan dinamisator serta sebagai konsultan sesuai golongan usia pramuka.

" Disamping itu dalam proses bermain diupayakan peserta didik atau pramuka dapat bekerja secara kelompok dan sekaligus mendidik kader kepemimpinan dalam tim",tambahnya

Sebelum kak An panggilan akrab kak Anshari menutup penjelasan singkatnya tentang permainan dalam Gerakan Pramuka, sebaiknya seluruh Pembina di Daerah ini, menjadikan kegiatan kepramukaan sebagai kegiatan yang menyenangkan. Dengan imajinasi dan inovasi, kata kak anshari, permainan untuk peserta didik itu akan terus ada setiap kali latihan

Back